Pada dasarnya semua produk skincare dibuat untuk memperbaiki kondisi kulit Anda. Tapi bukan berarti semua jenis produk akan cocok. Apalagi jika Anda punya jenis kulit berminyak dan berjerawat. Anda wajib menghindari ingredients yang bisa memperparah jerawat. Gunakanlah produk pelembab untuk kulit berminyak dan berjerawat yang memang aman dan sesuai. 

Daftar Kandungan Skincare yang Harus Dihindari Saat Berjerawat

1. Alkohol

Alkohol jenis denat, etanol, isoprophyl, SD-alcohol bersifat drying dan sangat buruk untuk kulit yang sedang berjerawat. Alkohol jenis tersebut bisa membuat kulit kering dan iritasi. Parahnya, kulit yang kering justru akan secara otomatis memproduksi sebum dalam jumlah berlebih. Sehingga pori-pori kulit wajah rentan tertutup dan muncul komedo. 

2. Minyak Kelapa

Walaupun berasal dari bahan alami dan punya manfaat melembabkan. Tapi ternyata minyak kelapa adalah salah satu bahan yang bersifat comedogenic tingkat tinggi. Minyak kelapa bisa menyumbat pori-pori kulit. Menyebabkan penimbunan sebum dan kotoran sehingga timbul komedo. 

3. Dymethicone

Dymethicone memang sangat bermanfaat untuk mengunci kelembaban pada kulit. Komposisi ini sangat bermanfaat untuk pemilik kulit kering. Tapi bagi para pemilik kulit berminyak cenderung berjerawat, komposisi ini adalah pilihan yang salah. Mengapa? 

Dymethicone bisa membentuk lapisan penjaga kelembaban kulit yang justru bisa menjadi perangkap. Bakteri, debu, polutan, dan juga makeup akan tetap tertahan dalam lapisan tersebut. Jika lapisan ini tidak dibersihkan secara seksama, maka justru akan menjadi pemicu munculnya peradangan atau acne vulgaris. 

4. Mineral Oil

Ada banyak produk skincare yang menggunakan mineral oil. Jenisnya pun sangat beragam seperti parafin, petroleum jelly, ataupun petrolatum. Semua bahan tersebut justru bisa menahan bakteri, debu, dan kotoran pada permukaan wajah. Akibatnya pori-pori pun jadi mudah tersumbat. Komedo bahkan jerawat pun bisa dengan mudah muncul. 

Tak mudah memang memilih pelembab untuk kulit berminyak dan berjerawat yang tepat. Tapi cermat dalam memilih ingredients skincare bisa jadi kunci utama untuk mendapatkan produk perawatan yang memang tidak menambah parah masalah jerawat Anda. 

Kategori: Kecantikan